Pages

Rabu, 03 Maret 2010

Pose Relaksasi Mudah dan Murah

KOMPAS.com — Di zaman yang serbasibuk dan penuh kesibukan seperti sekarang, agaknya sulit untuk bisa menyisipkan waktu agar bisa berolahraga. Coba lakukan pose relaksasi di bawah ini untuk menemani Anda melewati waktu-waktu penuh stres.

1. Napas dalam
Jika Anda terjebak dalam situasi yang penuh stres (seperti kemacetan), salah satu cara mudah untuk mengurangi ketegangan adalah dengan melakukan meditasi yang berfokus pada pernapasan. Katupkan kedua bibir Anda, ambil napas dalam-dalam dan perlahan lewat hidung. Ini merupakan teknik mudah menenangkan diri dan bisa dilakukan di mana pun, kapan pun. Saat melakukan teknik ini, berfokuslah pada pernapasan Anda.

2. Lengan elang
Untuk mereka yang banyak menghabiskan waktu di meja, pose ini bisa membantu postur tubuh dan mengurangi ketegangan di bagian pundak dan tulang belakang. Luruskan kedua lengan di hadapan Anda, tumpukkan siku lengan kanan Anda di atas lengan kiri, puntir lengan kanan Anda hingga melewati bagian bawah lengan kiri. Lakukan hingga telapak tangan kanan Anda bertemu telapak kiri, sehingga keduanya saling mengatup. Jika hal ini sulit, cukup lakukan semampunya. Ambil napas dalam-dalam sambil mengangkat kedua lengan ini. Ambil napas mendalam dan keluarkan, lakukan selama 5 kali dalam posisi ini.

3. Katup telapak di belakang
Anda banyak berkutat dengan pekerjaan yang berkaitan dengan pekerjaan tangan sambil sering menunduk, akan banyak menekan pundak, pergelangan lengan, dan punggung. Coba lakukan pose ini sesempatnya. Katupkan telapak tangan di belakang tubuh Anda, dengan jari-jari berada di atas, bukan di bawah sebatas pinggang. Jika melakukan hal ini menyakiti pergelangan tangan, jangan dipaksa. Lakukan sejauh kemampuan. Tahan posisi ini dalam lima tarikan dan embusan napas yang dalam.

4. Membantu bagian hamstring (otot paha belakang)
Jika Anda berencana untuk berolahraga berjalan kaki atau jogging, coba lakukan latihan ini sebelumnya. Dengan salah satu kaki di depan tubuh, mulailah menekuk lutut-lutut, sambil tangan Anda mencoba menyentuh ujung jari kaki yang berada di depan tubuh. Perlahan, sambil tetap menyentuh ujung-ujung jari kaki, luruskan lutut Anda. Jika jari-jari Anda tak bisa menyentuh lantai saat kaki sudah mulai lurus, perlahan-lahan tekuklah kaki depan Anda. Upayakan agar pinggul Anda lurus, tetap mengambil napas dalam-dalam dengan posisi seperti ini selama semenit atau 2 menit. Ulangi dengan kaki yang satunya.

5. Pose merpati
Coba lakukan pose ini sebelum tidur karena mampu meredakan ketegangan di bagian pinggul dan punggung bagian belakang. Postur yang menenangkan ini juga bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak dan tenang. Taruh kaki kanan di depan tubuh, sedikit menyerong ke kiri, lalu secara perlahan turunkan tubuh Anda. Letakkan lengan kanan Anda memalang di atas lutut yang dibengkokkan. Upayakan agar betis Anda tetap tegak lurus. Dekatkan bagian torso Anda ke arah paha. Biarkan kaki yang di belakang tetap lurus. Tetaplah dalam posisi ini selama 1-2 menit. Ulangi lagi dengan kaki kiri.


NAD

Editor: NF

Sumber: Shine



Dikutip dari: dechacare.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews