Pages

Selasa, 04 Mei 2010

Orangtua-Sekolah, Bekerjasamalah

JAKARTA, KOMPAS.com — Banyaknya perasaan takut dan tekanan psikologis yang dialami siswa, orangtua, dan guru dalam menghadapi ujian akhir sekolah berstandar nasional (UASBN) kerap muncul menjelang pelaksanaannya. Untuk menghindari dampak buruk terhadap siswa sekolah dasar yang akan menghadapi ujian, pihak orangtua dan guru perlu menciptakan suasana yang kondusif bagi siswa jauh-jauh hari sebelum ujian berlangsung.

Demikian disampaikan Ketua Panitia Pelaksanaan UASBN SDN 01 Menteng Purwanto, Selasa (4/5/2010). "Perlu ada jalinan kerja sama yang kompak antara orangtua dan guru di sekolah untuk men-support anak-anak ini," kata Purwanto.

Ia mencontohkan, di SDN 01 Menteng terdapat semacam komite orangtua murid yang duduk di kelas VI untuk mewadahi dan membantu kegiatan belajar mengajar anak dalam menghadapi UASBN. Sejak anak-anaknya mulai duduk di kelas VI, kata Purwanto, para orangtua murid ini berpartisipasi aktif membantu kegiatan siswa. "Bisa membantu baik secara materiil maupun moril. Dua-duanya sama-sama penting," ujar dia.

Purwanto menjelaskan, SD yang juga pernah menjadi tempat menimba ilmu Presiden AS Barack Obama ini mengadakan kegiatan pendalaman materi tambahan setiap hari dan setiap akhir pekan bagi siswa kelas VI. "Di sinilah peran orangtua sangat terasa sekali. Mereka membantu anak-anak dan mendorong supaya tetap semangat belajar, misalnya, mempersiapkan konsumsi dan sebagainya," kata dia.

Sebagai orangtua yang baik, menurut Purwanto, seharusnya para orangtua murid tidak perlu bersikap "rewel" yang berlebihan kepada pihak sekolah. Ia mengatakan, yang paling penting dari sikap orangtua adalah memberikan persiapan kepada anaknya guna menghadapi ujian.

"Mengkondisikan situasi yang kondusif bagi anak untuk belajar. Supaya anak tidak tegang dan tetap semangat. Seperti tadi sebelum ujian, kami beserta orangtua mengadakan doa bersama supaya anak tenang dalam ujian," tuturnya.


GAMBAR DI DAPAT DARI SINI



Dikutip dari: kompas.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews