Pages

Kamis, 22 April 2010

4 Cara Selesaikan Konflik

BANYAK yang menganggap munculnya konflik dalam perkawinan merupakan pertanda tak baik. Padahal, konflik bisa muncul setiap saat dan bisa dialami siapa saja.

"Konflik bukan sesuatu yang harus dihindari, kok," begitu kan, kata para ahli. Meski perlu dicermati agar bisa dilakukan penyelesaian yang baik demi kebaikan perkawinan. Termasuk saat menghadapi konflik pelik yang sulit diatasi.

Namun, jangan cepat putus asa. Jika dihadapkan pada jalan buntu, cobalah cara-cara berikut untuk menyelesaikan konflik yang dihadapi.

1. Kenali wilayah konflik

Hindari kata-kata kurang efektif yang hanya akan memperburuk keadaan. Semisal, "Kamu, kok, boros banget, sih!" atau "Kerjamu cuma tidur dan baca koran melulu!"

Akan lebih manis jika kita ucapkan, "Saya khawatir, kita belum membayar sejumlah tagihan dan menabung" atau "Tolong bantu aku, dong, membereskan rumah."

2. Sesekali utarakan apa yang ada di pikiran kita

Cobalah berbicara secara jujur apa yang kita rasakan dan yakinkan pasangan kita untuk mendengarkan. Kadang, cara ini efektif untuk menyelesaikan masalah.

3. Bertukar pikiran mengenai kemungkinan jalan keluar yang dapat diambil.

Cobalah berfikir kreatif dan fokuskan hanya pada hal-hal yang dapat membuka jalan ke arah penyelesaian masalah. Kalau perlu, tulis semua hal yang bisa kita pilih.

Setelah membuat daftar solusi, diskusikan dengan pasangan, jalan keluar apa yang akan dicoba. Kemungkinan akan ada lebih dari satu jalan keluar yang dipilih. Jika terjadi demikian, pilih yang paling efektif untuk dicoba.

4. Solusi yang telah dipilih sebaiknya dievaluasi dan dapat berubah jika ternyata tidak mempertemukan kepentingan kedua belah pihak.

Sebaiknya solusi tersebut dibuat secara spesifik. Misal, "Setiap Kamis jam 8 malam, kita membersihkan rumah selama dua jam. Saya akan membersihkan ruang keluarga dan kamar mandi, sedangkan kamu membersihkan garasi dan lantai dapur.

Kita akan memutar musik setiap minggu yang dipilih secara bergantian." Untuk mengevaluasi, pilihlah waktu yang disetujui bersama (biasanya 2-4 minggu) untuk melihat hasilnya.


Dikutip dari: tribunnews.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com



0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews