Pages

Minggu, 29 April 2012

Revolusi Busana dari Kancing Baju



Kancing baju hanyalah benda kecil pengait busana. Mereka biasanya berbaris rapi untuk menjalankan tugas yang sebenarnya sungguh mulia. Berpasangan dengan lubang yang juga berjajar rapi, kancing baju berperan membuat busana jadi berfungsi sempurna menutup aurat dan melindungi tubuh dari cuaca.

Benda ‘remeh’ ini telah melintasi sejarah perjalanannya sejak sekitar 1000 tahun sebelum masehi. Saat itulah Era Perunggu hadir dan mendorong inovasi dalam banyak hal. Di era inilah kancing baju pertama kali dibuat oleh manusia. Sebelum ada kancing baju, pakaian yang dikenakan manusia tidaklah tertutup rapi.

Manusia hanya mengandalkan tali atau kulit binatang untuk mengeratkan busana. Hanya dengan tali pengikat, busana saat itu tidak berfungsi maksimal saat cuaca ekstrem datang. Benda-benda yang dibuat mirip kancing baju dari bahan tulang, kayu, atau kulit kerang, mulanya Cuma digunakan sebagai aksesoris.

Mulai tahun 1200, kancing baju dan lubang kancing hadir di Eropa. Budaya kancing baju yang datang ke Eropa ini berasal dari para pedagang Turki dan Mongolia. Kata button (bahasa Inggris) yang berarti kancing baju dipercaya muncul pada tahun ini berasal dari istilah Prancis, bouton yang berarti tunas, atau bouter yang berarti menekan.

Prancis memang menjadi negara yang paling cepat menangkap peluang di balik kancing baju ini. Pada tahun 1250 pabrik kancing baju pertama di dunia berdiri dengan nama Guild. Pabrik ini membuat kancing baju berseni tinggi untuk kalangan bangsawan. Sejak saat itulah muncul simbol-simbol tertentu dengan memanfaatkan kancing baju.



Baca Selengkapnya . . .

>>>!!!Kami Hanya Penyedia Berita!!!<<<
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income 
^_^
Jangan Lupa Mampir lagi di sini yaa?
>>>www.JAGOANBERITA.info<<<

Pesan dari:    Anugerah Mini Market Tapen, Cindogo - Bondowoso

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews