Pages

Minggu, 13 November 2011

Inilah Perayaan Idul Adha di Berbagai Belahan Dunia



Idul Adha setiap tahunnya dirayakan seluruh umat muslim di seluruh dunia. Ditandai dengan pelaksanaan shalat sunah dua rakaat kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Daging qurban tersebut kemudian akan dibagikan kepada warga sekitar terutama kepada orang tidak mampu. Idul Adha ini merupakan refleksi keteladanan totalitas ibadah, ketaqwaan, keikhlasan dan kepasrahan sebagaimana yang ditunjukan Nabi Ibrahim ketika menerima perintah Allah SWT melalui Malaikat Jibril.



Di Indonesia sendiri, hari saya Idul Adha jatuh pada hari Minggu (05/11/2011). Pada hari tersebut, jutaan umat muslim akan melaksanakan shalat sunah dua rakaat yang kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban hingga pembagian daging qurban. Tak hanya di Indonesia saja, namun di berbagai belahan dunia lain pun Idul Adha dirayakan suka cita oleh umat muslim. Berikut perayaan Idul Adha dari beberapa Negara di dunia.


Bagi umat muslim di Amerika, perayaan hari Idul Adha biasanya ditandai dengan hari libur selama tiga hari. Namun biasanya, mereka hanya menggunakannya satu hari saja. Umat muslim akan beribadah di masjid – masjid pada pagi hari. Setelah itu mereka akan berkumpul bersama teman dan sanak saudaranya untuk menikmati kebersamaan dan saling berbagi. Namun, ternyata prosesi penyembelihan hewan kurban, tak banyak dilakukan oleh umat muslim di Amerika.

Sedangkan di Mesir, hari raya Idul Adha ditandai dengan libur selama tiga hari dan pelaksanaan ibadah shalat sunah di pagi hari. Serupa dengan yang dilakukan di Indonesia, setelah shalat selesai, mereka kemudian berkumpul bersama sanak saudara untuk saling bermaaf-maafan. Kemudian diadakan pembagian daging kurban yang dikelola oleh sebuah organisasi kemasyarakatan.

Sementara di Pakistan, hari raya Idul Adha dirayakan selama empat hari. Selama empat hari tersebut, semua toko – toko tutup, dan umat muslim beribadah di masjid. Setelah pelaksanaan shalat sunah selesai, akan digelar penyembelihan
 
 
<<>>
^_^
Jangan Lupa Mampir lagi di sini yaa?
>>>www.JAGOANBERITA.info<<<

Pesan dari:    Anugerah Mini Market

 

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews