Pages

Minggu, 11 April 2010

Bila kuning itu bahkan lewat sampai dua minggu, waspadalah!

Fungsi hati anak Anda mengalami gangguan. Atresia bilier? Belum tentu juga karena altresia bilier hanya 23 persen dari seluruh kasus kegagalan fungsi hati.

“Anak harus diperiksa riwayat penyakitnya, fisiknya dan pemeriksaan laboratorium. Adakah ge jalagejala atresia bilier. Anak juga harus USG.

Bila semuanya men jurus pada atresia bilier, biopsi perlu dilakukan,” kata DR Hanifi ah Oswari, SpA(K) ahli Gastroentero-Hepatplogy dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Menurut Hanifah ada dua tipe atresia biller, yakni kondental yang me mang sudah ada sejak lahir dan gejalanya bisa dilihat seperti kuning, tinja berwarna mirip dempul, dan urin yang keruh, berat badan tidak bertambah serta hati yang membesar.

Sementara tipe perinatal, timbul sesudah lahir. Jadi saluran empedu yang mengalirkan empedu dari hati ke usus itu masih lancar tapi dalam perjalanannya, beberapa minggu setelah kelahiran mengalami kerusakan yang progresif. Dari yang tadinya lancar bisa saja menjadi tidak lancar atau bahkan terhenti sama sekali.

Walau gejala bisa dideteksi bahkan sejak awal tetap saja kondisi pasisen yang datang ke RSCM biasanya sudah sangat terlambat.

“Orang tua masih berpikir wajar, bahkan lewat dua minggu menganggap kuning perlu dijemur. Padahal kuning lewat dari dua minggu bisa berarti ada kelainan hati,” keluh Hanifah.

Pemeriksaan bisa dilakukan dengan memeriksa darah (terdapat peningkatan kadar bilirubin), USG perut dan rontgen perut (tampak hati membesar), Kolangiogram, Biopsi hati dan laparotomi.

Pada usia men capai 2-3 bulan, bayi akan meng alami gangguan pertumbuhan, dan te kanan darah yang tinggi pada vena porta yang bila tekanan itu bertambah akan memecahkan pembuluh darah.

Atresia bilier terjadi karena adanya perkembangan abnormal dari saluran empedu di dalam maupun di luar hati.

Tetapi penyebab terjadinya gangguan perkembangan saluran empedu ini tidak diketahui. Atresia bilier ditemukan pada satu dari 15.000 kelahiran.
guh



Dikutip dari: koran-jakarta.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com



0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews