Pages

Selasa, 30 Maret 2010

Tips Mencuci Aneka Bahan Topi


Oleh: Agatha Yunita

Aksesoris topi dikenal sejak jaman dahulu, topi dapat mempercantik tampilan dan melindungi dari sengatan sinar matahari. Bahkan di tahun 60-an para wanita menggunakan topi untuk menunjukkan status sosial mereka.

Aneka bahan topi ini berkembang dari jaman ke jaman. Dengan desain bermacam-macam, aksesoris dan bahan yang semakin beraneka ragam membuat Anda tak pernah bingung memilihnya di aneka kesempatan. Namun tak dapat dipungkiri kemudahan ini juga menyusahkan Anda tatkala harus mencucinya.

Ada nggak sih tips untuk mencuci aneka bahan topi? WomanOnly punya segudang tips dong, salah satunya tips mencuci topi dengan aneka bahannya. Yuk dibaca dan dipraktekkan.


Topi Rajutan

Senangnya mendapat hadiah topi rajut dari nenek. Pastinya harus dirawat dengan baik, tetapi jangan salah mencucinya ya, karena bahan ini bisa berubah bentuk jika terkena air.

Clean Tips: sebaiknya bahan rajutan di dry clean saja, karena bahan ini mudah 'mengembang' jika terkena air. Dan parahnya lagi, jika dicuci ia akan berubah bentuk karena air memiliki massa yang berat saat masuk di dalam serat benang, dan menariknya ke segala arah secara abstrak. Alhasil bisa jadi topi Anda berubah ukuran dari S menjadi L.


Topi Bambu

Topi bambu sangat indah dan manis jika dikenakan. Mencucinyapun sangat mudah. Anda bisa menyemprotkan cairan pembersih atau mencuci dengan air.

Clean tips: campurkan sabun cair dengan air terlebih dahulu. Jangan langsung mengolesi topi dengan sabun karena ia akan terselip di dalam serat-serat bambu, dan bahan kimia sabun juga akan merusak tampilan bambu. Untuk itu campur sabun dengan air dan masukan topi ke dalamnya, sikat lembut dengan sikat gigi bekas. Rendam lagi di dalam air bersih sampai sabun benar-benar keluar, jemur dan keringkan.



Topi Kain

Kain sepertinya bahan yang sangat familiar dan mudah mencucinya. Tetapi Anda tidak boleh salah memperlakukannya, atau warnanya akan berubah.

Sama seperti topi lainnya, Anda harus memberi perlakuan khusus untuk mencuci topi kain ini. Jangan dicampurkan dengan pakaian lain, tetapi cuci secara terpisah.

Clean tips: khusus untuk topi berwarna gelap Anda harus mencuci dengan air dingin. Dan sabun tetap dilarutkan terlebih dahulu di dalam air.

Untuk yang berwarna terang, khususnya putih, cuci dengan air hangat supaya noda-nodanya hilang.

Topi Bludru

Sama halnya dengan topi rajutan, yang ini sangat rentan rusak. Oleh sebab itu sebaiknya dicuci dengan cara dry clean. Atau jika ada noda yang sulit dihilangkan, Anda bisa menyikatnya dengan sikat gigi halus. Jangan dicelup di dalam air, karena ini akan menghilangkan kelembutannya. Apalagi sabun akan merusaknya, dan membuatnya menjadi kasar.

Clean tips: saat menjemur diangin-anginkan saja ya, jangan dijemur di terik matahari.

Topi beraksesoris

Ini adalah topi yang paling sulit dibersihkan, karena banyak pernak-pernik manis di atasnya. Ada yang terbuat dari plastik, ada yang terbuat dari pita dan kesemuanya sayang jika harus rusak karena proses mencuci yang salah.

Clean tips: siapkan air sabun dan campurkan dengan air hangat, masukan topi di dalam air kemudian sikat perlahan dengan sikat gigi lembut. Basuh kemudian keringkan dengan hair dryer atau kipas angin.

Pada umumnya setelah dicuci bagian lem aksesoris akan lemah dan mudah lepas. Jahit kembali atau lem dengan lem khusus untuk boneka/ kain. (wo/bee)



Dikutip dari: kapanlagi.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews