Pages

Jumat, 02 April 2010

Bijak Atur Keuangan

Uang tidak bisa membeli kebahagiaan, tetapi tak dipungkiri uang berperan penting dalam kehidupan kita. Di jaman yang serba susah, dan kebutuhan hidup yang semakin mahal, kita dituntut untuk bisa mengatur keuangan dengan baik.

Setiap orang tentu memiliki cara berbeda dalam mengelola keuangannya. Namun, penting juga untuk tetap menerapkan pola hidup hemat. Hal ini tentu saja membantu kita memiliki dana simpanan untuk masa depan, selain keperluan darurat yang dialami, seperti sakit, membayar tagihan atau keperluan lainnnya.

Banyak orang telah memercayakan 'Bank' sebagai tempat penyimpanan uang yang aman. Secara tidak langsung, kita 'dipaksa' menyisihkan uang untuk disimpan di sana. 'Paksaan' ini setidaknya akan membantu mengerem nafsu kita untuk berfoya-foya dan keinginan untuk belanja impulsif.

Selain memiliki simpanan dana, kita juga bisa belajar untuk lebih disiplin menghargai setiap sen yang didapat. Bahagianya berhemat akan terasa setelah tabungan itu terkumpul banyak. Kita pun bisa mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya.

Lunasi tagihan bulanan

Segeralah melunasi segala tagihan bulanan. Ini untuk menghindari penumpukan tagihan di bulan berikutnya. Karena semakin diabaikan dan dibiarkan menumpuk justru makin banyak nominal yang harus dikeluarkan untuk membayar denda dari tagihan yang belum dilunasi.

Buat anggaran bulanan

Anda cukup boros dan ingin lebih ketat mengelola keuangan? Buatlah daftar anggaran bulanan, ini akan membantu Anda mengantisipasi sikap boros Anda. Perkirakan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk satu bulan ke depan, dan sisihkan juga untuk ditabung. Setidaknya selisih antara pendapatan dan pengeluaran tidak terlalu mencolok, atau dengan kata lain tidak besar pasak daripada tiang.

Kontrol penggunaan kartu kredit

Sadar atau tidak, Anda kerap dimanjakan kartu kredit. Sebelum Anda terjebak, hindari penggunaan kartu kredit terlalu sering. Kendali diri dibutuhkan untuk mengerem keinginan Anda belanja dengan kartu kredit. Suku bunga yang dibebankan pada Anda, membuat tagihan kartu kredit menggunung di akhir bulan.

(hw/maya)



Dikutip dari: suaramerdeka.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews