Pages

Jumat, 02 April 2010

Pintar Belanja, Itu Harus!

BELANJA itu menyenangkan dan sangat diakrabi kaum wanita. Tak jarang hal menyenangkan ini membuat wanita menjadi 'lapar mata' dan sangat impulsif saat mengetahui banyak 'sale' bertebaran di seantero mall. Jika tak bisa dikendalikan, Anda akan terjebak dalam gaya hidup konsumtif.

Memang tak bisa dipungkiri, wanita sangat memperhatikan penampilan. Penunjukan status sosial dalam sebuah komunitas pun menjadi alasan mereka untuk tampil lain daripada yang lain. Hal ini tentu saja menuntut mereka untuk memenuhi kebutuhan sandang sebagai prioritas.

Tak usah heran jika lalu momen seperti Jakarta Great Sale tak akan dilewatkan begitu saja oleh para shopaholic. Demi mendapat barang-barang berkualitas terbaik dengan harga miring, mereka rela merangsek masuk mall, merogoh kocek dalam-dalam dan menggesek kartu kredit. Baguslah jika lalu pesta diskon membuat Anda jadi miskin mendadak.

Agar Anda tidak terjebak pesona 'diskon', berikut ini beberapa tips belanja pintar yang bisa dicontek:

1. Pesta diskon bukan ajang hura-hura, mumpung sedang murah lalu Anda kalap dan membeli semuanya. Ingat, kebutuhan lain pun harus diprioritaskan.

2. Rinci dan catat kebutuhan yang akan dibeli. Jangan sampai ada kebutuhan yang terlewatkan. Ukurlah juga keuangan Anda berdasarkan skala prioritas, mana yang lebih penting untuk dibeli.

3. Kartu kredit yang 'slim' memang selalu menggoda Anda untuk menggeseknya. Daripada Anda tergoda, lebih baik tinggalkan saja kartu kredit di rumah. Bawa uang cash di dompet secukupnya saja.

4. Ini mengacu pada poin no.2. Buat daftar belanja berisi kebutuhan yang harus dibeli. Bersikaplah keras terhadap diri sendiri untuk tidak membeli selain yang ada di dalam daftar belanja tersebut.

5. Sebagian wanita mengakui belanja adalah obat terampuh untuk mengatasi sedih, marah dan stress. Jangan sampai Anda dikuasai nafsu belanja impulsif dengan melampiaskan segala perasaan Anda dengan membeli barang yang belum tentu dibutuhkan dan diinginkan.

6. Shopping bersama teman memang menyenangkan. Namun saran saya, pilihlah teman yang 'netral', dalam arti tidak akan mempengaruhi Anda hingga 'lapar mata'. Karena jika Anda membawa teman yang dilabeli 'miss jinjing', saya yakin Anda akan terpengaruh dan tergoda untuk ikut-ikutan belanja.

7. Maraknya shopping online bisa dijadikan referensi Anda untuk berbelanja. Selain lebih praktis, ini bisa mengeliminir biaya transportasi, biaya makan dan minum juga waktu dan energi Anda yang terbuang di mall.

(maya/maya)



Dikutip dari: suaramerdeka.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews