Pages

Jumat, 02 April 2010

"Sirih Tanya" Ampuh Ungkap Selingkuh

Bagi masyarakat Melayu dan Talang Mamak yang bermukim di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau, jika ada daun sirih terselip di bantal atau kasur maka hal itu adalah sesuatu yang serius.

"Jika terselip sirih tanya di tempat tidur, berarti pasangan hidupnya curiga dia selingkuh, dan jika benar selingkuh, alamat terbongkarlah serong yang telah dilakukan," ujar tokoh masyarakat Talang Mamak Patih Laman saat ditemui di Rakit Kulim, Rabu.

Serong yang dia maksud adalah perselingkuhan yang dilakukan baik oleh istri maupun suami. Misalnya, seorang istri yang curiga suaminya berbuat serong, akan menyelipkan sirih di bawah bantal atau kasur.

Sirih di kasur atau bantal itu dinamakan Sirih Tanya. Konon, saat si suami tertidur lelap, maka setiap pertanyaan sang istri akan dijawab dengan sebenar-benarnya.

"Kalau dah kena sirih tanya maka habislah, terbongkar semua rahasia," ujar Laman.

Menurut Laman, ciri-ciri adanya Sirih Tanya di tempat tidur adalah jika badan terasa panas saat berbaring di kasur.

Sirih yang dapat dijadikan sebagai sirih tanya bukanlah daun sirih biasa tetapi daun sirih dengan urat-urat daun yang menyatu. Biasanya pada batang tanaman yang merambat itu terdapat daun yang urat-uratnya menyatu.

"Mencari daun sirih yang khas ini memang agak susah, tapi biasanya ada saja karena tanaman ini tumbuh subur dimana-mana tempat di daerah kami ini," ujar Ameng, salah seorang warga Kecamatan Siberida.

Ia mengakui, di kalangan masyarakatnya orang Melayu, sirih tidak hanya sebagai penyedap rasa apabila dikunyah bersama gambir, kapur dan pinang tetapi juga sangat menakutkan bagi suami yang suka berbohong.

Sebab, lanjut dia, istri yang telah mencurigai tindak tanduk suaminya berbuat serong akan menyelipkan sirih tanya ditempat tidur mereka dan saat si suami terlelap itulah si istri memanfaatkan situasi dengan bertanya pada suaminya dan dengan jujur pula si suami mengungkapkan apa yang telah dilakukannya diluar rumah.

"Tradisi sirih tanya dikalangan masyarakat kami untuk mengajarkan pasangan hidup jangan berbuat serong. Sayangi keluarga dan pasangan hidup kita," kata Ameng.

Ia mengakui tidak pernah dicurigai istrinya dan itu sebabnya saat hendak tidur ia tidak pernah memriksa lipatan bantal atau kasurnya.

(an/smcn)



Dikutip dari: suaramerdeka.com
...!!!Harap kunjungi situs Asli!!!!...
<<---Dan pilih iklannya agar kita saling menguntungkan--->>
Anda Mendapat Informasi, Merekapun Juga Dapat Income

Pesan dari www.cari-barang.com

0 komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews